Pekerjaan Terbaik Menurut Islam Adalah Berdagang


DakwahBrilian - Perkerjaan adalah suatu hal yang melibatkan seseorang dengan yang lainya untuk mencapai keuntungan masing masing. Pekerjaan adalah hal yang wajib di lakukan bagi setiap orang yang utama adalah seseorang yang berkeluarga. Tetapi apakah ada pekerjaan terbaik menurut islam.

Disetiap hal hal pasti ada yang terbaik dari yang terbaik salah satunya ya dalam bidang pekerjaan. Ada banyak sekali pekerjaan di dunia seperti menjadi nelayan, tukang kebun, satpam, dokter, dan yang paling baik dari semua pekerjaan itu adalah Berdagang.

Mengapa berdagang menjadi pekerjaan terbaik dari yang terbaik?

Ada banyak sekali alasan mengapa Berdagang itu menjadi pekerjaan yang terbaik disini saya akan menjelaskan dengan ringkas dan jelas dalam perihal pekerjaan ini. Dalam pekerjaan itu kita tidak boleh semena mena atau merasa tidak peduli dengan yang kita kerjakan.

Bahkan dalam hal mudah juga harus bekerja dengan sebaik baiknya. Mengapa demikian?

Dalam hadist riwayat ahmad

"Sebaik baiknya pekerjaan adalah dia yang bekerja dengan sebaik baiknya".(HR AHMAD)

Dari sini kita sudah di perintahkan bekerja dengan sebaik baiknya dalam hal apapun sudah jelas jika kita tidak boleh asal asalan di pekerjaan karna itu dapat membuat diri kita dinilai berkualitas rendah dalam pekerjaan.

Berikut alasan mengapa Berdagang menjadi pekerjaan terbaik menurut islam

1. Berdagang adalah pekerjaan terbaik menurut Hadits


Disini sudah dijelaskan bahwa pekerjaan terbaik adalah pekerjaan yang di kerjakan dengan sendiri dan juga dengan perniagaan yang baik, adapun artinya perniagaan adalah perdagangan. Apa maksudnya dikerjakan dengan sendiri

Maksud diantaranya adalah pekerjaan yang halal yang tidak merugikan satu sama lain, pekerjaan yang tidak mengandalkan meminta minta, dan pekerjaan yang dikerjakan dengan sebaik baiknya tentunya.

2. Berdagang adalah pekerjaan yang mengandalkan ketekunan


Sudah jelas dalam berdagang itu harus dengan ketekunan yang sangat dahsyat karna kita sebagai pedangang akan dihadapkan dengan naik turunya barang yang telah kita jual. Semakin banyak barang yang terjual akan membuat kita senang tetapi bagaimana dengan barag yang kita jual itu hanya dapat di jual dengan sedikit. Sudah jelas itu merupakan kerugian.

Di dalam islam kita tidak boleh pantang menyerah apalagi soal pekerjaan yang hasilnya harus diberikan kepada keluarga sebagai nafkah yang wajib. Jadi tetaplah untuk bersabar sudah biasa seorang pedagang mengalami untung dan rugi, yang harus dilakukan adalah memperbaiki kualitas barang yang dijual dan selalu berdoa kepada allah swt.
Manfaat Etos Kerja

3. Berdagang adalah pekerjaan yang dilandasi dengan kejujuran

Dalam berdagang kita harus jujur tidak boleh kita membesarkan timbangan saat menimbang, mengurangi kualitas barang yang dijual, dan juga tidak boleh kita menjual barang dagangan dari hasil yang tidak halal.

Kejujuran di dalam pekerjaan juga wajib dilaksanakan karna di dalam berdagang para pembeli pasti akan mencari tahu barang dangan yang telah di jajakan dan melihat kualitas dan kuantitas barang daganganya.

Memang tidak sedikit para pedangang yang tidak jujur dalam melakukan pekerjaan bahkan ada yang menukar barang yang bagus dengan yang jelek menggunakan trik triknya. Dan juga dalam hal berdagang ini juga harus sesuai syari'at islam. Tidak boleh kita mendatangi dukun atau tukang sihir untuk meningkatkan penjualan barang kita. Naudzubillah.
Penjelasan jujur dalam islam secara lengkap

4. Kepribadian kita diuji dalam berdagang



Ada yang bilang bahwa "Jika anda tidak suka tersenyum dan beramah tamah maka pekerjaan berdagang bukan yang terbaik untuk anda". Memang benar sih tetapi perkataan itu 50%-50% mengapa demikian.

Dalam berdagang memang sudah harus beramah tamah untuk melayani si pembeli kodratnya jika kita baik maka pengalaman si pembeli akan baik juga sehingga dapat memberikan ulasan tentang dagangan kita juga baik.

Tetapi bila kita tidak suka tersenyum dan bersifat baik atau kita adalah seorang yang pemarah maka pengalaman si pembeli juga akan buruk dan orang orang disekitar juga tidak akan ada yang mau untuk membeli dagangan kita, ya untung untungan saja bila si pembeli sangan butuh dengan dagangan kita bisa juga laku keras.

Tapi bagaimana bila kita tidak suka beramah tamah tetapi ingin berdagang, sebelumnya sudah saya bilang bahwa perkataan yang tadi saya bilang itu 50%-50% karna ada suatu cara agar kita dapat berdagang walaupun tidak dengan adanya kita di tempat berdagang itu.

Caranya adalah dengan menyewa karyawan.

Dengan adanya karyawan di dagangan kita maka akan lebih mudah dan juga lebih simpel karna kita tidak perlu membuang buang waktu dan tenaga untuk menjual barangnya. Setiap orang masing masing mempunyai tekhnik berdagang yang berbeda ada yang professional dalam hal berdagang ada juga yang tidak bisa maka kita harus memperhatikanya dalam menyewa karyawan.

Tetapi kerugian untuk menyewa karyawan juga besar karna kita juga harus membayar tagihan setiap bulanya atau mingguan untuk gaji si karyawan maka dari itu pilihlah karyawan yang berpotensi untuk menjual barang dagangan dengan baik.

5. Berdagang menjadi salah satu tekhnik kehidupan

Mengapa berdagang itu menjadi tekhnik kehidupan, dalam sehari hari kita pasti merasakan sengang,sedih,gembira,riang, dan juga marah. Sama halnya juga dalam berdagang kita akan merasa senang bila penghasilan hari ini baik dan juga kita akan marah dan sedih bila penghasilan hari ini tidak sesuai yang kita harapkan.

Di dunia ini anggap saja teman teman kita adalah konsumen dari dagangan kita pasti diantara banyaknya teman kita ini pasti ada yang kita tidak suka dan kita sukai (semoga tidak ada dengki dalam diri kita).

Sama hal nya juga dalam jual beli pasti ada yang membuat kita tidak suka seperti halnya mencaci barang dagangan kita atau hal hal yang tidak baik. Yang paling penting kita harus tetap ikhlas dan tabah menghadapi masalah itu.

Didalam berdagang juga dapat meningkatkan insting kita dalam berbisnis itu juga suatu pengalaman yang tidak dapat kita beli sebab kita akan mengetahui apa saja yang harus kita lakukan untuk mengingkatkan penjualan kita menjadi banyak.

Penutup

Mudah mudahan artikel tentang Pekerjaan terbaik menurut islam ini bermanfaat. Memang tidak mudah bagi setiap orang untuk berdagang ada yang hanya mengikuti trend sehingga penjualan nya meningkat lalu menurun hanya dalam beberapa hari. Dalam berdagang juga ada tekhnik tekhnik yang harus kita kuasai seperti riset barang yang dibutuhkan si pembeli, tempat yang strategis, dan promosi yang kuat sehingga menghasilkan penjualan meningkat dalam waktu yang lama dan juga bermanfaat bagi si penjual dan pembeli.

Jangan hanya melihat jika teman kita sukses dalam berdagang maka kita juga melakukan perdagangan, memang tidak ada salahnya tetapi tanpa ilmu dan pengetahuan yang cukup maka hal itu akan membuat kita menjadi rugi.

Tanyalah pada teman atau orang yang sudah berdagang sebelumnya mengenai tekhnik tekhniknya mungkin itu dapat membantu kita untuk berdagang. Konsisten adalah kunci utamanya dalam berdagang jangan sampai kita berhenti berdagang cuman gara gara penjualan menurun. Itu salah.

Dan jangan lupa untuk tetap berdoa kepada allah swt tuhan yang mengatur segalanya untuk dipermudahkan dalam pekerjaan berdagang ini insha allah berkah dan bermanfaat. Aamiin.

Sekian dan terima kasih...
Related Posts
Newest
Previous
Next Post »