7 Tips Menahan Lapar dan Haus Saat Puasa


DakwahBrilian - Puasa adalah salah satu rukun islam yang wajib kita penuhi yaitu untuk menahan rasa lapar, haus, menjaga ibadah dan hal lain lain. Dalam puasa ini hanya terjadi pada bulan ramadhan.

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah yaitu dimana semua amal di lipat gandakan dan bulan puasa adalah bulan yang penuh ampun. Di dalam bulan puasa pun doa kita menjadi mustajab (di kabulkan) oleh allah karna bulan yang istimewa ini.

Di bulan ini juga kita lebih dijauhkan dari perbuatan perbuatan yang membuat kedalam dosa, karna pada bulan ini kita dilindungi dan dijaga oleh allah swt.

Puasa adalah suatu kewajiban bagi umat muslim untuk memenuhi perintah dari allah swt tuhan semesta alam. Pada bulan ramadhan ini kita diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus. Makan dan minum adalah hal yang kita lakukan sehari hari, oleh karna itu seorang hamba yang puasa harus terbiasa menahan lapar dan haus.

Tapi bagaimana bila kita tidak dapat atau susah untuk menahan rasa lapar dan haus yang harus kita rasakan ini, Apakah ada tips nya?

Ada Tips nya!

Apa saja tipsnya? Mari kita lanjutkan di bawah ini.

1. Makan Sahur di Lambatkan

Maksud dari makan sahur yang dilambatkan yaitu dengan makan sahur mendekati waktu imsak ini sangat bermanfaat bagi kita agar tidak langsung merasa lapar dan haus lagi setelah berjam jam yang akan datang. Waktu yang utama untuk melakukan sahur yaitu sebelum adzan subuh.

Tetapi bagaimana bila disaat kita sedang memakan makanan tetapi pada saat itu juga telah terdengar adzan subuh. Maka yang harus dilakukan adalah tetap memakan makanan itu dan jangan di muntahkan.

Lalu bagaimana bila kita tidak sedang memakan makanan tetapi ada sisah air dan makanan yang terdapat pada piring atau gelas kita. Yang harus dilakukan adalah berhenti.

Intinya: bila kita sedang mengunyah makanan saat adzan subuh maka kita harus menyelesaikan kunyahan itu tetapi bila kita sedang tidak mengunyah makanan maka seharusnya kita berhenti melakukan sahur. Hal ini terdapat pada Hadits yang Shahih.

2. Tidur saat puasa

Tidur saat berpuasa bukan bermaksud untuk tidur dari setelah sahur sampai waktunya berbuka puasa karna itu bukan perintah allah dan rasulnya malahan kita akan ketinggalan shalat berjamaah di masjid. 

Tetapi maksud dari tidur saat puasa yaitu untuk menjaga ibadah kita agar tetap lancar, yah dibandingkan kita pergi jalan jalan seperti ke tempat tempat yang malahan membuat kita batal puasa lebih baik kita tidur dan itu juga bermanfaat bagi kesehatan kita.
Cara menenangkan hati pikiran dan perasaan

Tidur yang cukup saat puasa adalah hal yang tepat untuk menahan rasa lapar dan haus, karna jika kita kurang tidur maka nafsu makan juga meningkat dan itu dapat membuat kita berbuka puasa bukan pada waktunya.

3. Membasahi Mulut dengan Berdzikir

Berdzikir kepada allah saat berpuasa adalah hal yang barokah karna dibulan yang suci ini bila kita lebih mendekatkan hati kita kepada allah sang maha kuasa akan dilipat gandakan sebagaimana yang dikatakan pada HR Bukhari dan Muslim bahwa setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali amalan puasa amalan itu untukku (allah swt).

Dengan membasahi mulut maka akan mengurangi rasa haus pada diri kita, tapi jangan juga membasahi mulut dengan cara meneguk air karna itu hal yang salah, jalan terbaik untuk membasahi rongga mulut agar mengurangi dehidrasi ringan (haus) adalah dengan berdzikir kepada allah swt.


4. Menu sahur yang kaya gizi

Disaat sahur jangan hanya makan makanan yang dapat membuat kita menjadi kenyang saja tetapi juga dengan gizi yang tinggi. Dengan gizi yang tinggi ini dapat membuat kenyang menjadi tahan lama.

Saat sahur tidak dianjurkan juga untuk makan sampai sekenyang kenyangnya karna akan membuat kita mengantuk dan langsung tidur sesudah sahur, dengan begitu kita akan melewatkan shalat subuh. Makan makanan yang hanya membuat kita kenyang juga tidak baik untuk tubuh kita.

Pada saat puasa kita juga membutuhkan tenaga untuk melaksanakan pekerjaan pekerjaan lainya yang berat. Dengan makanan yang bergizi kita akan lebih semangat dan lebih siap menjalani puasa.

Berikut beberapa makan yang baik dimakan saat Sahur.

1. Oatmeal

yaitu biji bijian yang kaya akan vitamin, oatmeal ini adalah makanan yang paling baik dimakan saat sahur karna seratnya yang tinggi yang dapat menggantikan karbohidrat.

2. Telur

Telur juga baik di makan saat sahur, dengan protein yang tinggi telur juga dapat membuat kita lebih ber tenaga saat puasa. Tetapi jangan memakan telur asin karna dapat membuat tubuh kita kekurangan cairan.

3. Buah Buahan

Buah buahan seperti apel yang memiliki serat dan juga cairan yang tinggi dapat memberikan gizi yang tinggi juga untuk puasa. Tidak hanya apel buah buahan seperti jeruk, alpukat, dll juga baik di makan saat sahur.

4. Sayuran

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa sayur adalah makanan yang baik untuk sahur. Sayuran sangat baik dimakan saat sahur untuk menjaga metabolisme tubuh kita.

5. Daging

Daging merupakan penghasil karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat yang tinggi dapat memberikan tenaga yang tinggi juga, maka baik juga dimakan dalam sahur.

5. Olah Raga yang cukup

Siapa bilang disaat puasa itu kita hanya bermalas malasan dan tidak melakukan hal hal apapun, dan mengapa olahraga masuk dalam poin yang ke lima. Ber olah raga yang cukup maksud saya bukan dengan seperti lari pagi, angkat beban, dll.


Tetapi dengan shalat 5 waktu dan shalat sunnah lainya seperti shalat dhuha dan shalat tarawih.

Menurut saya itu adalah olahraga yang cukup pada saat puasa, Perlu diketahui bahwa Nabi Muhammad pernah perang diwaktu puasa ramadhan yaitu perang badar. Yaitu tepatnya pada 2 ramadhan tahun ke 2 Hijriyah.

Rasulullah saw saja berperang dijalan allah swt saat berpuasa maka kita hendaknya tidak hanya bermalas malasan saja saat puasa.

6. Berbuka Puasa dengan Makanan Bergizi

Jika sahurnya saja dengan makanan yang bergizi mengapa berbuka puasa tidak dengan makanan yang bergizi. Berbuka dengan makanan yang bergizi juga baik untuk puasa yang akan datang karna akan menjaga tubuh kita tetap dalam keadaan yang fit.

Berbuka dengan makanan yang kaya gizi mmbuat kita siap dengan puasa selanjutnya dan juga membuat kita makin bertenaga untuk melaksanakan shalat sesudah maghrib yaitu seperti shalat Maghrib, Isya, Tarawih, dan shalat sunnah Tahajud.
Amalan dan doa yang baik dilakukan saat Idul Fitri

Disaat berbuka juga jangan langsung memakan semua makanan yang dihidangkan tetapi dengan hanya memakan kurma dan meminum air putih saja dulu setelah shalat maghrib dilanjutakan kembali makan makanan yang lainya.

7. Membantu Orang Tua

Puasa tidak baik jika hanya menahan rasa lapar dan haus tetapi juga harus menambah amalan amalan ibadah, karna sangat merugi bila kita tidak menambahkan amalan amalan kita pada bulan suci ramadhan ini.

Banyak ibadah dan juga amalan yang baik dilakukan pada bulan suci ramadhan salah satunya adalah membantu orang tua. Membantu pekerjaan orang tua juga dapat pahalanya dan juga dapat keridhaan orang tua atas membantunya menyelesaikan pekerjaan rumah seperti beres beres rumah, membantu memasak untuk berbuka, dll.

Dibulan suci ini hendaknya kita menambahkan amalan amalan kita karna setiap amalan akan dilipat gandakan oleh allah swt. Mungkin amalan seperti tadarus al quran, berdzikir , bershalawat, dan mengerjakan ibadah sunnah pada bulan suci ini pahalanya akan dilipat gandakan insha allah.

Bersedekah juga dilipat gandakan pahalanya oleh allah jika kita bersedekah di bulan suci ramadhan ini. Dan seluruh amalan amalan yang kita lakukan di lipat gandakan oleh allah swt.

Doa doa kita menjadi mustajab maka mulailah kita berdoa yang banyak doa doa kita itu akan di dengar oleh allah pada di bulan suci ramadhan ini. Mau berdoa setelah shalat atau apapun itu semuanya bagus dilakukan

Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya mohon maaf wassalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh.
Related Posts
Previous
Next Post »