Pengertian Nasyid Islami


DakwahBrilian - Nasyid adalah musik yang bernafaskan islami yang mengandung makna nasihat, memuji allah, memuji rasul nya, dan hal hal yang bernafaskan islami lainya yang dapat membangkitkan semangat kita.

Nasyid merupakan musik yang menggunakan gendang karna banyak ulama dan tokoh islam lainya yang melarang/mengharamkan musik walaupun dengan gendang, tetapi ada juga sebagian ulama yang membolehkan musik islami ini yaitu nasyid.

Nasyid sudah ada pada zaman nabi muhammad yaitu nasyid Thola'al Badru Alaina (Telah muncul rembulan di tengah kami) ini adalah nasyid dari kaum muslimin sesaat nabi muhammad saw datang ke madinah.

Kata Motivasi Hidup: The best version of yourself 
Menurut hadis tetap saja musik itu haram dan berbahaya.

"Sungguh akan ada sebagian umatku yang menghalalkan berzina, meminum air keras, sutra, dan juga musik"

Tapi apakah boleh memainkan musik pada saat saat tertentu?

Jawabanya boleh yaitu pada saat pernikahan dan pada saat idul fitri

berikut hadis tentang di perbolehkanya memainkan musik saat pernikahan.

"Ruba’i Binti Mu’awwidz Bin Afra berkata: "Nabi Saw datang ke pesta perkawinanku, lalu beliau duduk di atas dipan (tempat duduk tamu) seperti dudukmu denganku, lalu mulailah beberapa orang perempuan kami memukul gendang dan mereka bernyanyi dengan memuji orang yang mati syahid pada saat perang Badar. Tiba-tiba salah seorang di antara mereka berkata: “Di antara kita ada Nabi Saw yang mengetahui apa yang akan terjadi kemudian.” Maka Nabi Saw bersabda:“Tinggalkan omongan itu. Teruskanlah apa yang kamu (nyanyikan) tadi.” [HR. Bukhari, dalam Fâth al-Bârî, juz. III, hal. 113, dari Aisyah r.a.].

Hadist itu dinilai shahih.
Jujur dalam Islam

Arti nasyid adalah bersenandung, jadi nasyid adalah suatu nyanyian yang dinyanyikan penyanyi secara berkelompok yang bercorakan islam.

Lalu bagaimana bila kita hidup di zaman sekarang ini yang banyak sekali lagu lagu yang bertemakan cinta dan hal hal yang tidak bermanfaat itu. Tetapi kita saat itujuga butuh memainkan musik agar semangat menjalani kehidupan.

Nasyid adalah hal yang bagus untuk nya.

Tetapi jangan jadikan nasyid sebagai kewajiban untuk di nyanyikan setiap hari itu salah, lebih baik dinyanyikan pada saat saat tertentu saja. untuk membangkitkan semangat berjuang.

berikut hadist lain yang mengharamkan musik.

“Aku tidak melarang kalian menangis, Namun yang aku larang adalah dua suara yang bodoh dan maksiat: yaitu suara di saat nyanyian hiburan/kesenangan, permainan dan lagu-lagu setan, serta suara ketika terjadi musibah, menampar wajah, merobek baju, dan jeritan setan.”




Lebih baik kita mendengarkan murrotal quran daripada nasyid nasyid islami karna lebih mendapatkan pahalanya. Ada banyak sekali murrotal quran yang merdu dan membuat kita lebih semangat lagi.

Jika kita sedang sedih atau sedang bingung jalan apa yang harus kita lalui maka lebih baik kita baca alquran dan bersujudlah kepada allah swt.

Berikut contoh nasyid, pada saat umat muslim indonesia bangkit dan membela al quran.

  "AKSI BELA ISLAM"

Al quran iman kami
al quran pedoman kami
al quran petunjuk kami
al quran satukan kami   (2x)

Aksi Bela islam aksi bela islam
allah allahuakbar (2x)

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar.
Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, allah allahu akbar.

Al quran iman kami
al quran pedoman kami
al quran petunjuk kami
al quran satukan kami   (2x)

Aksi Bela islam, aksi bela islam, aksi bela islam
allah allahuakbar (2x)

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar.
Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, allah allahu akbar.
Related Posts
Previous
Next Post »