Pengertian Manfaat Etos Kerja dalam Kehidupan Sehari hari Agama Islam


Bekerja adalah salah satu bagian dari hidup karna tidak sering kita melihatnya, bekerja juga adalah kodratnya manusia baik di kehidupan spiritual, intelektual , fisik, biologis, individual dan lain lain. Seorang manusia layak diberikan sifat terpuji seperti teladan, potensial, aktif, dll.

Didalam pekerjaan kita sudah biasa menerima kegagalan lalu kita juga mendapatkan keuntungan dan itu berulang ulang setiap saat seperti roda yang bergulir tidak ada berhenti dalam hal bekerja.

Seorang karyawan/pekerja diwajibkan memiliki sifat etos kerja.

Apa itu Etos Kerja? Etos kerja adalah semangat bekerja yang memiliki ciri khas dari semua manusia.

Bekerja juga menjadi kewajiban bagi setiap insan. Karna allah swt telah memerintahkan manusia untuk bekerja dalam surat at taubah 9:105

Dan setiap manusia diwajibkan untuk memberikan nafkah kepada keluarganya jika ia sudah berumah tangga.

Lalu apakah dengan pekerjaan kita akan masuk kedalam surga nya allah swt?

Ya. bila niat anda seperti yang dibawah ini.

1. Niatnya hanya untuk allah swt.

Semua niat karna allah itu sudah bisa dibilang ikhlas dan setiap amalan itu tergantung dari niatnya.

2. Bekerja Sekuat tenaga

Bekerja sekuat tenaga? apa itu, yaitu bekerja dengan sungguh sungguh dan tidak bermain main. Dengan bekerja keras kita juga bisa sukses dan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

3. Jujur

Jujur adalah sifat yang harus dimiliki oleh setiap insan, agar hidup jauh lebih baik kedepanya apalagi dalam hal bekerja jujur akan menjadi sifat yang sangat di tekankan dalam pekerjaan.

4. Tetap dalam prinsip Syariah

Ini sudah ditetapkan oleh islam bahwa pekerjaan juga ada aturanya seperti jujur (sama seperti poin ke 3).



Agar pekerjaan kita dapat dinilai pahala yaitu

Halal, ini sih sudah harus dan wajib. jikalau pekerjaan tidak halal maka tidak diridhai oleh allah dan akan tumbuh daging yang terbuat dari nafkah yang haraam.

Bertanggung jawab dan bekerja keras, sudah dikatakan di poin ke 2 kita harus bertanggung jawab oleh semua yang telah kita lakukan.

Ikhlas.

Cara menenangkan hati pikiran dan perasaan 


Dalam pekerjaan juga kita sudah pasti merasakan kegagalan tapi, itu sudah biasa dan jangan lah panik/menyerah karna sayang sekali bila anda menyerah hanya karna mengalami kegagalan sedikit saja.

Tetap niatkan karna allah ta ala dan jangan mengira bahwa allah swt tidak menyukai kita tapi malah allah lah yang ingin menguji kita agar kita tau bahwa kesuksesan itu tidak instan dan sulit untuk didapatkan.

Sama dengan surganya allah itu sangat sulit di dapatkan tapi hadiah yang berada didalam nya sangat besar dan akan terbayar jika kita serius untuk mencapainya.

Akhir kata wassalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh.
Related Posts
Previous
Next Post »