Cara Menenangkan Hati Pikiran dan Perasaan menurut Islam

Patah hati
 DakwahBrilian - Patah hati adalah perasaan insan saat terjadinya sesuatu tidak sesuai ekspetasi dan itu sangat menyakitkan bila melampau batas yang mungkin tidak kita fikirkan sebelumnya. Misalnya kehilangan orang yang kita cintai selama ini.

Patah hati memang sangat menaykitkan dan bahkan mungkin kita tidak bisa menahanya lebih lama.

Tapi bagaimana pandangan islam mengenai patah hati ini dan bagaimana cara islam menenangkan perasaan hati yang gelisah.

Kegelisaan bukan hanya dapat dirasakan saat kita kehilangan orang yang kita cintai, tetapi kegelisahan juga dapat dirasakan saat kita banyak masalah.

Gak bisa baca alquran termasuk memboikot quran?

Islam mengajarkan untuk Sabar dalam menghadapi kehidupan ini, apalagi urusan dunia allah swt sudah mengaturnya. Tak usah kita fikirkan bila nanti ada masalah besar yang menghadang Fokus lah ke cara menanganinya bukan fokus ke kesalahannya.

Bagaimana cara islam menenangkan Hati Pikiran dan Perasaan. berikut ringkasanya

1. Sabar

Sudah saya jelaskan tadi, sabar sangat penting dalam keadaan apapun dengan keadaan sabar insha allah, allah akan membalaskan dengan hal yang lebih indah dimasa yang akan datang.

Bersabar sudah di tulis di surah al baqarah ayat 153

Al Baqarah 153

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu..." Disini di katakan bahwa sabar dan shalat adalah penolong hati yang sedang gelisah. Jika anda sedang dalam diuji atau sedang diberi ujian maka bersabarlah dan shalatlah sesungguhnya allah beserta orang orang yang sabar.

2. Senantiasa Berdzikir dan Bershalawat

Berdzikir

Berdzikir dan bershalawat juga cara yang ampuh untuk menangani masalah hati yang sedang dilandai oleh banyak ujian. Dengan bershalawat kepada nabi hal itu akan menghilangkan stress dan juga beban kehidupan.

Dengan berdzikir dan bershalawat insha allah mendatangkan ketenangah di hati.

Lalu bagaimana shalawat yang benar agar hati ini tenang? Ada banyak sekali shalawat di dunia ini tetapi shalawat yang baik adalah shalawat yang telah diajarkan oleh nabi muhammad saw.

salah satunya adalah shalawat dari jalan abi mas ud.

 Credit aslbumiayu.net

3. Berdoa

Berdoalah! minta pada allah agar diri ini kuat melewati ujian ujianya, agar diri ini kuat menahan kegelisahan di jiwa, agar diri ini kuat untuk bersabar.

Adukan semuanya kepada allah, curhatlah dengan allah swt ia maha mendengar setiap makhluk adukan kepada allah ta ala minta diberikan jalan yang benar. Dan minta diri ini diberikan kunci untuk menangani masalah yang sedang dialami.

"hanya kepada mulah kami menyembah dan kepada mulah kami meminta pertolongan" al fatihah-ayat 5

Masih yakin jadi orang sombong setelah baca ini?

4. Berteman dengan orang shaleh

Berteman dengan orang shaleh

Sekarang ini banyak anak muda yang dulunya itu sangat mudah untuk beribadah, tetapi setelah berteman dengan orang yang tidak benar dirinya sekarang malah mengikuti temanya yang tidak benar.

Memang benar bila ada yang mengatakan bahwa berteman itu tidak boleh memilih memang benar berteman itu tidak boleh milih milih TAPI jika teman anda sudah melewati batas yang telah dibatasi oleh islam maka janganlah berteman dengan mereka.

Sudah banyak anak anak muda yang sedang terjerumus arus yang tidak baik, jangan memilih milih untuk berteman tapi pilihlah orang shaleh sebagai teman dekatmu dan juga sahabat mu maka engkau akan beuntung.

Ada hal yang dapat mengetahui kepribadian orang lain yaitu dengan cara melihat teman dekatnya.

Hadist

Dengan teman yang shaleh insha allah mereka dapat memberikan nasihat nasihat yang baik agar membuat diri kita kembali semangat dalam menjalani kehidupan ini aamiin.

Berdakwah di media sosial perlu gak sih?

5. Ber husnudzon kepada allah

Apa itu Husnudzan? Husnudzan adalah berprasangka baik kepada allah swt. Jika kita sebagai musilim sedang ditimpah oleh musibah maka sebaiknya kita berprasangka baik kepada allah swt. Bisa saja allah sedang mengukur iman kita.

Berprasangka baik
Berbaik sangka kepada allah memberikan kita manfaat untuk bersabar. Ujian memang terasa berat bila kita tidak bersandar kepada alla swt. Oleh karna itu marilah kita taruh semua keluh kesah kepada sang maha kuasa allah swt.

Banyak pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya dar ujian dan musibah yang kita dapat dari allah swt. Kuncinya adalah berbaik sangka kepada allah swt. Bisa saja kita mendapat sesuatu yang sangat berharga setelah terimpa musibah (allahualam).

Kita sebagai manusia harusnya beriman kepada qada dan qadar segala sesuatu baik dan buruk sudah diatur oleh allah swt. Yang harus kita sadari adalah bagaimana cara kita melewati itu tanpa membuat pahala kita menurun.

Mudah mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saya sangat senang bila anda men-Share artikel ini agar bermanfaat bagi sekitar kita. Dan insha allah itu berkah bagi kita Aaamiin.

Sekian dari saya Wassalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh.
Related Posts
Previous
Next Post »