Cara agar selalu dapat Menjaga lisan


DakwahBrilian - Lisan adalah suatu perkataan yang diucapkan dari mulut yang dapat membuat orang lain senang dan merasa tidak baik, Mengapa tidak baik? Karna bisa saja perkataan kita itu bermaksud untuk menjelekkan orang yang kita ajak berbicara.

Pentingnya untuk menjaga lisan adalah suatu hal yang benar karna itu dapat mencerminkan pribadi kita seperti apa.

Menjaga lisan juga sangat penting karna apa yang kita katakan dan lakukan akan di catat oleh Para malaikat dan itu akan di pertanggungjawabkan di akhirat nanti. Disini akan dijelaskan bagaimana cara menjaga lisan agar selalu berkata yang baik baik.

1. Yang pertama adalah membaca al quran dan maknanya, alquran adalah kunci dari segala permasalahan, dengan membaca alquran pikiran akan menjadi tenang dan juga kita akan berfikir kembali dengan apa yang akan kita bicarakan.

2. Yang kedua jangan menyombongkan diri, dengan sombong kita akan memandang bahwa orang lain lebih rendah derajatnya dibanding kita maka itu tidak benar jika sombong terjadi kepada kita maka kita akan memaki maki orang yang berada di depan kita.
Sombong dalam pandangan Islam

3. Berdzikir cara ke tiga yang baik adalah berdzikir senantiasa mengingat allah dalam setiap perkataannya agar selalu berkata yang baik baik atau diam.

4. Jangan bangga dengan apa yang engkau bicarakan karna ini sifat yang dibenci rasulullah saw dengan merasa sok atau merasa mengetahui apa yang ia katakan. Dan janganlah merasa sok fasih dalam berbicara.

5. Jangan memotong pembicaraan orang lain biasanya hal ini sudah dijelaskan oleh orang disekitar maupun keluarga kita bahwa memotong pembicaraan itu dilarang dan sangat tidak sopan, jangan juga meremehkan orang saat ia berbicara.

6. Jangan meremehkan atau mengolok olok pembicaraan orang lain jangan lah mengolok olok pembicaran orang lain walaupun ia terbata bata dengan ucapanya bisa jadi dia lebih baik derajatnya dibandingkan kita.

7. Bertakwalah kepada allah swt jauhkanlah berbicara yang tidak penting seperti membicarakan keburukan orang lain, bergossip, ataupu sesuatu yang tidak ada manfaatnya sama sekali dengan kita.

8. Jangan banyak tertawa jauhi juga banyak bercanda hal ini sama seperti hal hal yang tidak ada gunannya dan tidak ada manfaatnya untuk kita maka jauhi lah hal hal semacam itu.

Sekian dari saya mudah mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kita semua kurang dan lebihnya mohon untuk dimaafkan.

Dan bagi kalian yang ingin mengirimkan Dakwah kalian untuk website ini bisa dikirim melalui format *DOC/Microsoft Word dan kirimkan judul/kategori/deskripsi nya kepada facebook kami. Kami akan senang jika anda mengirimkanya dengan ikhlas dan serius.

Bisa dikirimkan lewat Klik Disini
Perlukah berdakwah lewat media sosial

Mudah mudahan para pembaca diberi kesehatan dan keberkahan oleh alah swt aamiin yarabbal alamiin.

Related Posts
Previous
Next Post »