Apakah Islam itu Agama yang Rasis


Dakwah Brilian - Assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh, alhamdulillah saya selaku admin masih diberi umur untuk menulis artikel ini. Dan alhamdulillah juga kalian para "pembaca" masih diberi umur yang panjang oleh tuhan alam semesta yaitu Allah swt untuk membaca tulisan yang insha allah bermanfaat ini.

Pendahuluan

Islam itu artinya damai dan damai adalah tidak adanya perseteruan terhadap satu sama lain. Di islam itu tidak ada anjuran memulai pertengkaran, tidak ada anjuran melukai (kecuali ada udzur), dan tidak ada menghujat siapapun walaupun dia berbeda ras, suku, agama, dll.

Allah swt juga berfirman bahwa siapapun harus berlaku adil dan berbuat yang baik baik.

Hal ini di jelaskan di QS. An Nahl ayat 90




Tidak peduli orang itu putih, hitam, tampan, jelek. Semua itu sama dan yang membedakan dirinya dengan orang lain hanyalah amal dan ibadahnya di mata allah swt.

Lalu jika islam tidak rasis mengapa mereka tidak boleh memilih pemimpin yang bukan dari umatnya? (umat islam)

Jawabanya itu simpel yaitu sudah tercantum dalam alquran dan hadis bahwa memilih pemimpin kafir itu DILARANG. Kita sebagai umat muslim akan mengikuti perintah allah dan rasulnya, jadi jika ada di alquran dan hadist shahih mengenai larangan maka kami akan menjauhinya apapun alasanya.
Mengapa Al Quran tidak diturnkan pada zaman Nabi Adam as

Yang perlu diketahui bahwa islan sangat menentang Rasis tidak ada anjuran untuk merendahkan orang yang berbeda dengan kita bahkan allah menyuruh kita adil dan mengayominya bukan memusuhinya.

Perbedaan sudah biasa bagi diri kita dan kita tidak asing lagi dengan itu, dan maksud dari perbedaan dengan rasis itu sangat jauh sekali.

Rasis adalah suatu kepercayaan bahwa kepribadian orang dari fisik itu akan menentukan pencapaianya. Misal: Orang yang berbeda kulit di luar negeri akan di hujat habis habisan, dan bahkan sudah menjadi sesuatu hal yang mengejek bila kita memanggil orang disana dengan panggilan kulit mereka.

Perbedaan sudah dijelaskan dalam QS.Al-hujurat ayat 13.




Sudah dijelaskan oleh al quran bahwa perbedaan itu supaya kita saling mengenal satu sama lain bukanya menghujat satu sama lain yang tidak sama dengan kita itu salah besar.

Indonesia sendiri mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu jua dan itu yang melambangkan bahwa kita sebagai masyarakat indonesia tidak boleh bertengkar cuman gara gara perbedaan

Malahan Perbedaan itu sangatlah indah.

Andaikan jika kita hidup dengan 1 species saja dan berwajah sama fisik sama dan ras sama apakah itu membuat kita senang? tentu saja tidak untuk selamanya! bagaimana jika kita ingin membuat keturunan, bagaimana bila kita ingin mengenal bila seluruh orang saja berwajah sama.

Tidak ada sesuatu yang indah bila tidak ada perbedaan bukan? menurutmu bagaimana.

Nah bagaimana bila kita dihadapkan dengan sesuatu pemilihan yang berbeda yang membuat kita bisa saling berdebat seperti halnya memilih pemimpin yang non muslim.

Jawabanya: dikembalikan oleh Al quran dan hadist shahih nya.

Sudah di ketahui bahwa Al quran itu adalah kitab sucinya umat islam yang di dalamnya ada lantunan ayat ayat yang indah dan sejuk. Di dalamnya juga ada seluruh kunci dari jawaban permasalahan kehidupan kita.

Jika kita ingin bertaubat maka bacalah Al Quran ada banyak sekali ayat al quran yang artinya Tobat dan itu sangan menenangkan hati.

Iman kepada Al Quran adalah Rukun iman yang ketiga yaitu Iman kepada Kitabnya.

Rukun iman itu ada 6 perkara

1. Iman Kepada Allah yatu tuhan kita semua tuhan yang mengatur alam semesta ini dan tidak ada sekutu baginya, ia tidak tidur, tidak makan. ia tidak terlihat tetapi ia dapat melihat kita dimanapun, dia sangat dekat dengan diri kita daripada kita sendiri ialah Allah swt

2. Iman kepada malaikat adalah kepercayaan bahwa allah telah menciptakan malaikat dari nur (cahaya) malaikat adalah makhluk ghaib yang mengabdi hanya untuk allah swt.

3.  Iman kepada Kitab ini punya pengertian bahwa kita harus mempercayai apa apa yang tercantum dalam kitabnya yakni Al Quran, itu adalah hal yang sangat mutlak bahwa bagi umat muslim tidak ada hal lain yang dapat membuat umat islam tidak percaya kepada alquran.

Ini yang jadi permasalahan nya bahwa umat islam itu sangat sangat patuh terhadap alquran jadi jangan heran bila pendapat non muslim sama muslim itu beda karna sudah tertera di dalam alquran sendiri.

Jika di alquran ini telah di katakan bahwa tidak boleh memakan daging babi karna itu haraam, bagi umat islam hal itu sudah tidak bisa diganggu gugat lagi. Begitu pula dengan hal hal yang lain seperti di perintahkanya puasa di bulan ramadhan dll.

Nah... bagaimana jika perbedaan dalam al quran dan keyakinan yang lain dapat merusak dan memecah belah

Jawabanya akan saya sampaikan di bawah setelah penjelasan yang lain.
Dosakah bila tidak bisa baca Al Quran

4. Iman Kepada Rasulnya mempunyai pengertian bahwa rasul rasul allah swt itu telah menyampaikan wahyu yang diberikan oleh allah swt. Para rasul akan menyampaikan pesan dari allah swt untuk di sampaikan lagi kepada umat yaitu kita semua agar kita tidak terjebak dalam kesesatan.

5. Iman Kepada Hari Akhir apa maksudnya iman kepada hari akhir? yaitu kita mempercayai bahwa hari akhir itu akan terjadi (kiamat) dan itu adalah akhir dari segalanya, setelah hari kiamat kita semua akan di hitung seluruh amalanya dan yang paling penting kita akan di beri pilihan "Surga" atau "Neraka".

Maksudnya memilih itu apa? jika kita ingin memilih surga maka kita harus beriman kepada allah swt mingikuti perintahnya dan menjauhi laranganya.

Bagaimana dengan neraka? Kebalikan dari pilihan surga.

6. Iman Kepada Qadha dan Qodar itu adalah kita mempercayai bahwa kejadian dan ketentuan allah swt.

lalu apa selanjutnya?

saya akan membuat penjelasan secara ringkas setelah ini mengenai Apakah islam itu rasis.

Nah inilah penjelasanya.

Apakah Islam itu Agama yang Rasis

Yang perlu diketahui itu bahwa di setiap agama apapun tidak ada perintah untuk menjadi rasis dan tidak akan pernah ada ajaran untuk menjadi rasis bukan?

Jadi sudah jelas bahwa Islam itu tidak rasis kan.

Islam adalah agama yang mengajarkan perdamaian dimana semua umatnya sangat mengutamakan perilaku yang baik, yang tidak mengajarkan permusuhan, yang tidak mengajarkan menjadi orang sombong walaupun benar.
Orang sombong menurut pandangan Islam

Bahkan pada saat di zaman nabi muhammad saw penduduk kafir quraisy saat itu tinggal di mekkah, dan mereka senantiasan menghina nabi muhammad saw dan juga memperlakukan kasar kepada beliau.

Apa yang Nabi Muhammad saw lakukan?

Beliau tetap sabar, beliau tawakkal kepada allah swt, dan bahkan beliau mendoakan mereka kaum kafir quraisy agar di beri petunjuk oleh allah swt.

Yang Nabi Muhammad saw lakukan apakah itu perbuatan Rasis? 

Bagaimana dengan kejadian dimekkah yang membuat islam menjadi pemimpin dan memegang kendali di mekkah. Nabi Muhammad saw tetap memerintahkan kaum muslimin agar menghormati orang orang kafir quraisy dan tidak boleh mengganggu harta mereka.

Jadi intinya perbedaan agama dan keyakinan dalam islam itu tidak boleh menghalangi untuk menghormati mereka yang berbeda keyakinan.

Kita sebagai umat islam tidak boleh semena mena terhadap siapa saja sekalipun ia adalah orang kafir.



Namun yang perlu diketahui bahwa Tidak boleh ada kaum manapun yang boleh ikut campur dalam masalah agama.

Tidak boleh ada kaum kafir yang menghalangi umat islam untuk mengikuti petunjuk allah swt. Padahal itu telah dilarang oleh agama.

Kesimpulan

Jadi maksud nya itu kita harus tetap menghormati kaum manapun tapi harus sesuai ajaran nabi dan rasulnya harus tetap dalam keadaan syar'i.

Rasul pun telah mencontohkanya bukan.

Al quran dan Hadist shahih adalah mutlaknnya hal hal yang harus di ikuti apapun tulisan yang ada disitu maka kitaq harus mengikutinya, karna itulah kebenaran.

Kaum kafir tidak akan mengerti tentang itu jadi jangan lah terpengaruh dengan kata katanya.

Untuk mereka agama mereka dan untuk kita agama kita.
Related Posts
Previous
Next Post »