Orang Sombong dalam Pandangan Islam dan Penjelasan Lengkap

Al-Isra ayat 37
photo by: Paket Of Software

Dakwah Brilian – Sombong adalah sikap manusia yang meremehkan orang lain. Sombong? Untuk apa sih sombong sikap itu tidak berguna dan gak ada manfaatnya bagi setiap muslim sombong adalah sifat yang harus di cela. Tapi kenapa sekarang manusia begitu sombong padahal masih ada orang yang “lebih” dari dirinya.


Sifat buruk itu harus kita cegah dengan apapun caranya. Saudara sudah setinggi apa jabatan mu, sudah sebesar apa gajimu, sudah secerdas apa pemikiran mu, sudah se kuat apa otot mu ketahuilah sesungguhnya masih ada seseorang “melebihi” mu saat ini.


Dan harus diketahui bahwa penyakit sombong itu sangat berbahaya bagi kehidupan kita itu dapat menghancurakan kehidupan orang orang dan susah untuk keluar dari kesombongan itu.
Sombong itu dapat diartikan dengan konotatif negative dimana setiap manusia memiliki rasa angkuh dan itu membuatnya merendahkan orang lain yang belum tentu jelas bahwa orang itu memiliki amalan yang lebih baik dari dia dimata allah swt.


Sombong itu menghargai diri dengan berlebihan jadi bagi anda yang membesarkan nama anda untuk hanya mencari pujian pujian yang merujuk untuk bersifat angkuh.
Sombong juga dapat di deteksi dari caranya dia berbicara, dari gerak badanya seperti dagu mengangkat keatas, memiliki pandangan yang sinis seperti tidak suka terhadap orang lain, sering mencaci maki, bertolak pinggang, dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.


Sejak dulu kita sudah diberi pengarahan oleh orang tua untuk bersifat tidak menyombongkan diri dan lain lain arahan seperti itu sangan memumpuni bagi si buah hati agar menghindari hal hal yang menyebabkan diri menjadi sombong.


Arahan seperti itu sangat perlu untuk pertumbuhan seorang anak kecil agar menjadi anak yang rendah hati dan tidak menyepelekan orang lain dimasa yang akan datang nanti.

Lalu bagaimanakah pandangan islam mengenai kesombongan ini? Mari kita pelajari penjelasanya dibawah ini.

Mengapa kesombongan menjadi sesuatu yang sangat buruk disisi allah

1.       Kesombongan adalah penyebab iblis di keluarkan dari surga
Dosa kesombongan adalah dosa pertama yang dilakukan oleh iblis laknatullah. Iblis adalah makhluk ciptaan allah yang dari dulu beribadah kepada allah dan melakukan apa yang diperintah oleh allah tetapi saat hendak disuruh bersujud kepada nabi adam as iblis menunjukkan kesombonganya dan dia merasa lebih baik daripada nabi adam as


2.       Kesombongan adalah temanya syirik
Pada saat iblis di perntah untuk bersujud kepada nabi adam as ia tidak bersujud ini terdapat dalam surah sad ayat 73-74


Surah Sad ayat 73
Surah Sad ayat 74

Terjemahan Surah Sad ayat 74


3.       Orang yang sombong itu tempat kembalinya di neraka terdapat dalam surah az zumar ayat 72

Neraka adalah tempat kembali yang seburuk buruknya apakah kalian ingin masuk ke neraka? Sesungguhnya tidak ada ruh yang kuat berada di dalam neraka walaupun kurang dari 1 detik pun. Kita membayangkan saja berada di dalam neraka itu ya allah gak kebayang membayangkan aja sudah membuat kita takut apalagi kita melihat dengan jelas.
sesuai apa yang telah rasul sampaikan
  
Surah Az zumah ayat 72
Terjemahan Surah Az zumah ayat 72

4.       Kesombongan adalah penghalang masuk surganya allah swt
Iblis saja yang pada awalnya berada di surga bias di usir oleh allah karna kesombonganya. Karna kesombongan itulah penyebab masuk nya surga dia tidak ingin mendengar orang lain maka dari itu pintu hatinya tertutup akan kebaikan, dia tidak suka rendah hati untuk meninggalkan yang dinamakan dendam, dan amarah. Maka dari itu tidak sepatutnya muslim dan muslimah sombong dari apa yang dia peroleh.

    
Hadis Shahih. Riwayat Ahmad, 2/114:Al-Hakim, 2/499

5.       Allah sama sekali tidak suka kepada orang yang sombong
sesorang yang memiliki sifat seperti ini maka dia akan mendapatkan murkanya allah ini terdapat dalam surah an nahl ayat 22-23


Surah An Nahl Ayat 22-23 dan Terjemahanya

6.       Kesombongan dapat mengakibatkan sesorang meninggal dalam keadaan yang buruk


7.    Sombong adalah dosa besar ke 15
               
     Masih ingin sombong? Yakin? Dosanya besar dan dijamin akan dimasukkan kedalam neraka! Jadi jangan coba coba lah kalian berlagak sombong di depan orang banyak, gak ada untungnya lagi pula balasanya lebih parah dari apa yang kita perbuat kan.

Sombong itu diawali oleh iblis bayangkan iblis adalah ciptaan allah yang dulunya patuh terhadap allah. Dia bertahun tahun (dalam masa akhirat Allahualam) mengikuti semua peraturan allah. Saat dia sombong sekali saja dia di usir dari Surga yang amat indah dan mulia.

Apa saja sih macam macam sombong itu

Kesombongan ada berbagai macam

1.       Kesombongan dalam materi

Apasih sombong dalam hal materi yaitu sombong dengan cara merasa dirinya lebih tampan dan rupawan dari orang lain. Merasa dirinya yang paling kaya


2.       Kesombongan dalam bidang Kebaikan 

kesombongan dalam bidang ini adalah dengan merasa kalau dirinya sudak layak masuk surga dibandng yang lain. Sudah merasa dirinya bermanfaat bagi orang banyak


3.       Kesombongan dalam bidang Pemikiran

Kesombongan ini sudah banyak dan sering “mungkin” kita lihat disekitar kita ada yang merasa dirinya sangat pintar dalam segala hal dengan cara tidak mendengar atau meremehkan orang lain yang dibawah dia tingkat kecerdasanya.


Padahal sejauh ini masih banyak orang yang lebih kaya lebih baik dan lebih cerdas dari mereka tapi mereka tidak pernah menerimanya karna mereka sombong dan tidak ingin dirinya merasa terlampaui. Apakah mereka sekaya orang yang paling kaya di dunia ini? Apakah dia orang yang paling cerdas di dunia ini? Dan apakah dia orang yang paling shaleh di dunia ini? Apakah apakah apakah itu yang menjadi pertanyaan bagi setiap orang yang sombong. Naudzubillah semoga kita terhindar dari sifat sombong ini aamiin
Ciri ciri orang sombong

Ciri ciri sifat sombong itu mungkin sebagian dapat terdeteksi oleh diri kita hanya dengan merasakannya. 

1. Sombong karena meremehkan orang lain.

ini sering terlihat oleh mata kepala kita sendiri. Sombong jenis ini seperti tidak ingin mendengarkan nasihat orang lain karena merasa dirinyalah yang paling benar. Bisa juga orang sombong jenis ini merasa tidak butuh bantuan dan sangat angkuh.

2. Sombong karena ingin dipuji puji.

Sombong jenis ini jika dilihat oleh orang dia akan bersikap rajin dan ingin sekali rasanya dipuji. Ia rakus akan pujian padahal pujian itu tidak ada apa apanya dibandingkan dengan amal shaleh sedikit apapun.

3. Ia suka mencela. 

Yang ketiga ini dia suka sekali membesarkan kesalahan yang dibuat orang lain dialah yang merasa dirinyalah yang berkuasa atas segala hal dan dia merasa dirinyalah yang paling benar.

Lihat lah sekeliling mu jika kau masih merasa lebih baik dari sekeliling mu maka lihatlah alam semesta ini

alam semesta

Lihatlah sekeliling mu apakah engkau merasa lebih baik? Maka coba kau renungkan untuk melihat alam semesta ini apa engkau masih merasa dirimulah yang lebih baik?
Bisakah engkau menciptakan sehelai rambut dengan tanganmu itu masih hal yang rendah dibandingkan dengan hal hal yang lain bukan.


Rambut yang terdiri dari protein yang dinamakan keratin ini bagi manusia tidak ada yang dapat menciptakanya sedangkan allah bisa. Bagaimana rambut bisa tumbuh dari pendek menjadi panjang dan kuat/lebat hanya allah swt yang dapat menciptakanya bukan

Lihatlah alam semesta ini lihatlah bintang bintang lihatlah bulan matahari awan dan sebagainya apakah kalian sebagai insan (manusia) dapat menciptakanya. Wallahi tidak ada yang dapat membuatnya. 

Maka jangan lah anda masih merasa sombong sudah sehebat apakah anda?
Ada berjuta juta bintang yang berada diluar bumi ini bukan apakah ada kecacatan dalam hal itu? Allah swt telah menciptakan sesuatu tidak dalam keadaan cacat tidak sama denga kita, kita sebagai manusia dalam menciptakan apapun itu sesuatu yang kuat keras dan apapun pasti ada kecacatanya 

misal: anda menciptakan baju besi yang sangat keras kuat dan tidak ada yang dapat (senjata) yang mampu menembus baju besi anda itu.

Tetapi dalam beberapa waktu kedepan anda akan merasa baju besi yang anda buat itu akan berkarat dan berkarat itu bersifat rapuh, itu sama saja dengan kecacatan dalam baju besi anda bukan? Tidak ada yang sempurna di dunia ini bahkan untuk orang yang sekuat apapun (pasti ada kecacatan)

Lalu allah swt yang memiliki semuanya memiliki sifat sombong?

Allah swt yang maha memiliki segalanya saja tidak pernah memiliki sifat sombong, allah maha pemurah dan maha memberi rahmat bagi siapa saja yang berada di jalan yang benar. Maka takut lah kepada allah kalian akan berada di jala yang benar dan kalian akan dilindung oleh allah (insha allah)

Kaligrafi


Bayangkan saja oksigen di dunia ini aja gratis tanpa ada biaya sepeserpun bagaimana bila setiap oksigen yang kalian hirup setiap detiknya berbayar dan dibatasi penggunaanya oleh allah swt hancur seluruh dunia ini manusia, hewan, tumbuhan tidak akan hidup du dunia ini.


Allah swt maha pemurah orang yang tidak mematuhi perintahnya aja diberi rezeky jika rezeky di ukur dengan iman maka seluruh dunia juga dapat hancur. Masih banyak cara bagi allah untuk dapat menghancurkan dunia dengan cara simple tetapi allah tidak ingin manusia mengalami hal itu mereka akan di uji terlebih dahulu di alam dunia ini. Mereka akan diuji dengan harta, godaan, istri, orang tua, anak, cucu mereka, dll


Bagaimana allah menyayangi kita tidak dapat kita balas sepenuhnya dengan cara sebaliknya bukan, allah tidak butuh apa apa dari kita sebaliknya kitalah yang sangat butuh apa apa dari allah maka mintalah bantuan allah dimanapun.

“Maka nikmat tuhan mu yang manakah yang engkau dustakan”


Cara menjauhi sifat sombong

Pertama adalah dengan memperbaiki niat, Niat adalah pondasi besar amalan amalan maka perbaikilah dulu niat untuk dijalan allah dan untuk keridha an allah maka insha allah anda akan kembali dijalan yang benar tidak ingin merasa dipuji


Kedua itu adalah dengan cara memperbanyak berdzikir, dzikir juga dapat membantu kita keluar dari kesombongan dzikir mencegah kita dari kesombongan dzikir juga bisa menjaga kita dari hal hal yang tidak bermanfaat. Maka dari itu perbanyaklah berdzikir


Ketiga Perbanyak beribadah, beribadah dapat menenangkan hati, jiwa dan raga kita dengan beribadah juga dapat menghidarkan diri dari sifat kesombongan minta kepada allah swt agar kita terhindar dari sifat sombong ini. BIla ada masalah yang tidak dapat dikemukakan maka allah senantiasa mendengar isi doa mu.


Keempat Perbanyak sahabat soleh, dengan sahabat yang soleh mereka akat mengingatkan kita agar kita terjauhi dari kesombongan jika sahabat kita soleh kita juga sedikit demi sedikit akan terbawa oleh sahabat kita.


Kelima Ikhlas, Mulai lah belajar ikhlas jika anda mengerjakan sesuatu niatkan untuk ikhlas karna allah bukan karna siapa pun hati yang ikhlas dapat menghindarkan kita dari kesombongan.


Keenam belajar rendah hati, mulailah merendahkan diri dari sekitar anda yakinilah diri anda bahwa orang yang ada disekitar anda adalah orang yang lebih baik dari anda, dengan begitu maka kita akan merasa bahwa diri kita tidak sepadan dengan orang lain yakni diri kita dibawah orang lain.


Ketujuh Intropeksi diri, yakin lah bahwa diri kita masih punya sisi buruk dan susah untuk dibuang kita hanya orang orang yang dipinjami harta oleh allah swt dan akan kembali lagi ke allah swt (mati) kita masih punya kejelekan yang mungkin tidak dapat kita sadari YAKIN kalau kita hanya makhluk lemah.


Kedelapan Jaga perilaku, jaga perilaku anda didepan orang lain jangan semena mena dengan orang lain walaupun anda jauh lebih baik dengan dia jangan berkata yang menyakitkan bagi orang lain itu sangat merugikan bagi anda karna pahala yang telah anda perbuat akan hilang dibumi ini.
Inilah alasan mengapa al quran tidak turun di zaman nabi Adam as 
Penutup

Sudah sepantasnya kita tidak menyombongkan diri dihadapan siapapun janganlah kalian berniat untuk sombong walau sedikit pun akui lah bahwa orang lain mempunyai kebaikan yang di sembunyikanya yang mungkin kebaikan besar dan anda tidak mengetahui itu.


Jika engkau dijalan di tempat umum dan disekitar mu banyak orang orang yang tidak engkau kenal maka merendahkan dirilah anggap yang lain itu amalan pahalanya lebih besar dari pada kamu bilang dalam hati “dia lebih baik daripada aku” Jadi merasa rendah hati itu penting bagi diri untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta allah swt.

Saran

Sebelumnya sudah banyak saran saran yang telah saya sampaikan di atas tadi tapi ini mungkin saran terbaik bagi anda dari yang telah saya sampaikan diatas tadi. Apa untungnya berperilaku sombong? Coba katakana sekarang juga di kolom komentar keuntunganya mungkin akan bergembira senang jika kesombongan anda berjalan dengan lancar. Tapi apakah kesenangan anda ini akan berlanjut sampai berhari hari? Coba pikirkan.


Perasaan itu hanya akan timbul sementara dan akan mengalami penyesalan di waktu yang berikutnya percaya lah kesenangan sejati yaitu dicintai oleh yang maha memiliki cinta ya benar allah swt J jika anda dicintai oleh allah maka hidup anda akan terasa begitu indah.


Ya sampai disini ya saudara yang sedang menuju kebaikan semoga post ini bermanfaat. Mohon maaf bila post ini terlalu bertele tele dan membuat pembaca pusing dengan post saya yang sederhana ini.
Jika ada keluhan dengan postingan ini bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini saya akan senang bila anda memberi tahu kesalahan saya dimana saja.


Jika anda merasa post ini bermanfaat saya akan senang bila anda membagikan keteman, saudara, dll.
Akhir kata Wassalamu’alaikum warrahmatullah wabaraktuh.
Semoga kita masih bisa berjumpa di post selanjutnya J
Related Posts
Previous
Next Post »