Perlukah Berdakwah di Sosial Media


BeautyIslam99 - Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk menulis di blog yang sederhana dari blog blog yang lainya. Dakwah itu apa sih? Dakwah itu adalah mengajak orang orang di lingkungan sekitar , di rumah , di majelis , di tempat umum , dimanapun kau berada.

Pertama tama apa sih pentingnya berdakwah? Sahabat... Dakwah itu adalah salah satu penyebab manusia masuk ke surga nya allah swt. dan itu adalah sunnah yang di tekankan. Karna kita mengajak orang orang menuju kebaikan.

Umpama anda adalah seorang penjual yang mengambil untung dari setiap konsumen anda, Jika anda menjual sesuatu pada konsumen dan konsumen suka dengan barang yang anda jual itu, Kemudian sang pembeli itu mempromosikan barang dagangan anda, Apa yang anda peroleh? yaitu makin banyak konsumen yang anda dapat dan akhirnya anda sukses dengan hasil dagangan anda, Anda mendapatkan banyak keuntungan bukan? Sama halnya berdakwah.

Jika anda berdakwah kepada orang orang disekitar dan orang orang disekitar itu mengikuti apa yang telah anda katakan yaitu menuju kebaikan, itu juga hal yang sama! anda dapat kebaikan atas apa yang anda peroleh.

Dan lagi misalnya anda adalah orang yang sering berdakwah di jalan allah dan juga perkataan anda di ikuti oleh seluruh orang yang mendengarkanya dan mereka juga berdakwah ke sesama, Anda juga akan mendapatkan kebaikan (pahala) dengan apa yang anda peroleh.

Misalnya anda ngajakin shalat fardhu sama si temen nah si temen itu juga ngajak temenya lagi dan lagi dan lagi, Anda juga akan mendapatkan pahala. Subhanllah beruntunglah orang orang yang berdakwah itu.

MACAM MACAM BERDAKWAH 

Ringkas saja macam macam berdakwah itu ada 2 cara yaitu Dakwah Bil lisan & Dakwah Bil Hal
Apa perbedaan dari kedua macam dakwah tersebut?

1 . Dakwah Bil Lisan

Dakwah ini adalah dakwah dengan perkataan yaitu melalui komunikasi dengan orang orang di sekitar, dakwah ini yang biasa kita temui dimana mana. Dakwah jenis inilah yang sering diajarkan oleh para ulama dan juga para guru guru ngaji untuk mengajak orang orang pada suatu kebaikan.

Tujuan utama dakwah itu adalah untuk mendapatkan kesejahteraan dan diridhai oleh allah swt. Mari kita mulai dakwah Bil Lisan ini, Tidak susah kok kita hanya berkata kata yang baik agar orang yang mendengar mengikuti apa kata kita. So.. Lets Dakwah.

2 . Dakwah Bil Hal

Dakwah ini adalah dakwah yang dengan cara Langsung, Maksudnya langsung itu apa? Yaitu kita dakwah dengan cara kita yang melakukan duluan seperti contoh kita pergi ke masjid untuk mengikuti kajian kajian islam dan ada seseorang yang melihat kita mengikuti kajian itu dan akhirnya hati dia bergetar dan mau juga mengikuti kajian kajian islam di masjid.

Intinya kita yang mulai duluaan agar orang orang mengikuti jejak kita. Dakwah ini mengedepankan kita duluan yang menjadi rajin agar orang orang mengikuti kita. Dakwah ini juga luar biasa karna kita tidak tahu siapa saja yang mengikuti jejak kita.

Hehe ayo sahabat sahabat sekalian mari kita berdakwah dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kita juga bisa loh dengan cara ini. Cara yang mudah dilakukan karna kita sering melakukanya tetapi kita tidak menyadarinya.

Dakwah dengan social media
Berdakwah Dengan Social media
Wah bisa juga yah berdakwah dengan social media, Ya tentu saja bisa dan mungkin ini lah yang dapat kita lakukan daripada kita melakukan dakwah di dunia nyata.

Nah inilah alasan alasan kenapa kita perlu dakwah di social meda juga.

Yang pertama. Anak anak muda jaman sekarang ini lebih sering main social media nih daripada bermain di luar. Nah yang ini menjadi point utama karna sudah banyak sekali remaja remaja yang lebih rajin berada di social media. 

Yahh karena banyak anak anak muda jaman sekarang yang sering bermain di social media maka kita seharusnya juga berdakwah di social media, dengan cara membuat post blog atau foto foto tentang hadist , alqura, atau tentang ceramah ceramah.

Bagaimana? apakah anda sering bermain social media juga? kalau iya ayo tunggu apalagi mari kita berdakwah di social media. pahalanya terus mengalir loh

Yang kedua. Tulisan kita di social media itu akan di hisab di akhirat loh. jadi jika anda menulis yang baik baik maka beruntunglah anda dan jika anda menulis yang buruk maka celakalah anda. Makanya kita lebih baik diam daripada berkata buruk, sama halnya kita berkomentar buruk di setiap post yang ada di sosial media itu juga akan di hisab pada hari kiamat nanti.

Setiap malaikan mencatat apa yang kalian kerjakan jadi hati hati saja. Mari kita renungkan apa saja yang telah kita perbuat di sosial media ini mudah mudahan kita membuat tulisan dan kata kata yang baik saja dan bukan yang buruk yang menyesatkan.

Bagaiman bila kita terlanjur menulis kata kata yang tidak baik/buruk di sosial media ini? Saran saya bertobatlah allah akan mengampuni mu. Mari stop berkomentar yang buruk karna mungkin saja itu membuat orang sakit hati dan dendam kepada kita. 

Dan kalau bisa hapus komentar komentar buruk di akun sosial media mu dan mulai berdakwah di sosial media agar itu menutup kesalahan kesalahanmu di waktu yang telah lama.

Bagaimana bila sudah banyak post atau komentar yang buruk di sosial media anda? Lebih baik anda hapus akun anda itu dan membuat yang baru.

Yang ketiga. Dapat melatih tulisan dan pelafalan kata yang telah anda pelajari, Semakin banyak kata yang telah anda tulis maka anda juga akan terlatih tentunya dan sudah terbiasa, bahkan mungkin sekarang ini ketikkan anda di keyboard/gadget/handphone sudah maksimal dong ya hehe

Dan mungkin saja ada yang mendesign gambar tentang berceramah dan itu juga termasuk pahala jika gambar yang anda buat itu mengikuti ajaran rasulullah saw dan juga di baca sama orang orang. Apalagi sampai dijadikan foto profil dan juga mungkin ada yang meng share gambar tersebut.

Yang keempat. Melatih otak anda, menulis juga melatih otak anda. Disini anda akan berfikir untuk menulis bagaimana agar orang orang di sekitar melihat gambar/tulisan anda dan mengikuti nya. Ya kemungkinan anda akan mengshare tulisan anda itu.

Dan gunakanlah sosial media anda untuk menulis apapun yang berkaitan dengan dakwah. Dan pastinya harus sesuai ajaran islam dan sunnah nya ya.

Yang Kelima. Pahalanya ngalir terus, yaitu sudah pasti setiap anda dakwah itu sudah pasti mendapatkan pahalanya dan terus mengalir sampai hari kiamat. Apalagi yang melihat itu banyak sampai 1000, 10000, 100000 , 1000000 Masha Allah pahalanya terus mengalir dan banyak sekali ya sobat.

Yang Keenam. Yaitu bersilahturahmi secara tidak langsung, lah bagaimana bisa? dengan cara mereka sebagai penglihat postingan kita berkomentar dan anda membalasnya disitu juga secara tidak langsung anda telah menjalin silahturahmi kepada sesama umat muslim.

Jaga terus silahturahmi anda dengan siapa pun dan jadikanlah orang beriman sebagai sahabatmu agar anda dapat di beri syafaat dan anda bisa dimasukkan kedalam surga karna sahabat anda.

Yang Ketujuh. Mengajak orang lain untuk Hijrah, Hijrah itu apa sih? Hijrah itu umumnya adalah berpindah tempat dari suatu tempat lain ke tempat lain. Lalu? kenapa hijrah? Hijrah yang dimaksud itu adalah membuat orang lain untuk berpindah dari suatu hal yang buruk menjadi lebih baik lagi.

Seperti dahulu dia adalah seorang pendosa, Tetapi dia tak sengaja melihat tulisan anda dan tergerak hatinya untuk bertaubat. Maka ini adalah bagian yang paling indah menurut saya.

Yang Kedelapan. Menambah wawasan/ilmu kita secara tidak langsung kita sebelumnya membaca membaca juga dong apa yang akan kita tulis. Kita mendapat wawasan juga dari situ dan itu lebih efektif karna setiap kata setiap tulisan yang anda lihat, anda akan menulisnya kembali dan itu membuat anda ingat apa saja yang telah anda lihat.

Ini adalah manfaat bagi kita yang ingin berdakwah di sosial media. Lebih efektif bukan? coba anda test sendiri apakah efektif atau tidak efektif? pastinya efektif. 

Sampai disini saya sudahi dulu yah sahabat muslim sekalian. Mohon maaf bila tulisan saya ini masih ada kekuranganya, maklum kita adalah manusia pasti ada salahnya. Jadi bagaimana perasaan anda sekarang? masih mau berkomentar/menulis hal hal yang seharusnya tidak perlu? Jangan! lebih baik anda diam atau menulis hal yang baik.

Apakah banyak orang yang berdakwah lewat sosial media? Baaaaanyyyaaaakk banget sahabat. jadi jangan ragu untuk berdakwah di sosial media. Gunakan sosial media dengan bijak, Mulai dakwah dari sekarang jangan nunggu nunggu.

Sekian dan terima kasih

Related Posts
Previous
Next Post »