Penjelasan Bin dan Binti dalam Islam

Seringkali kita mendengar ada kata Bin Dan Binti pada seorang anak atau orang lainya. Dan banyak dari kita pasti belum mengetahui apa perbedaan dari Bin dan Binti.
Bin berasal dari perkataan bahasa Arab iaitu "bin" (ابن) dan juga "binti" (بنت) .
Sebagai Contoh: nabi Muhammad ibn Abdullah berarti Nabi Muhammad adalah anak laki laki dari Abdullah.

Sebaliknya Aisyah binti Abu bakar berarti Aisyah adalah anak perempuan dari Abu Bakar.
Bin dalam Islam adalah menurut perintah  dalam Surah Al-Ahzab, Ayat 5:-



Surah Al-Ahzab, Ayat 5
Didalam ayat itu Allah swt. meminta untuk setiap anak dinisbahkan kepada sang ayah tidak kepada seorang ibunya, sehingga disebut fulan bin fulan, tidak fulan bin fulanah. Ketika seseorang dipanggail atau diseru ia juga dipanggil dengan,”Wahai bin fulan.”. Tidak “Wahai bin fulanah.”


"Bin" dan "binti" itu diikuti oleh nama bapak. Kalo ada yang bilang cowo itu "bin"-nya diikuti dengan nama ibu dan cewe "binti"-nya diikuti dengan nama bapak, itu kesalahan . Mau laki laki ataupun perempuan, keduanya  duanya dengan nama bapak.


Islam melarang penasaban atau panggilan bin/binti selain kepada ayah nya, Seperti fulan bin ibu atau juga fulan binti ibu dan orang orang lain seperti kakek, nenek, kakak, dan sebagainya.
Dan pada hari akhir ataupun kiamat seseorang akan dipanggil namanya beserta penasabanya yaitu ayahnya maupun perempuan atau laki laki.


Lalu kenapa orang orang dipanggil dengan nasab? Karna dengan panggilan nama ayahnya atau nasabnya itu akan lebih mudah dikenali.


 Walaupun kalau ayah nya itu non muslim tapi tetap saja harus memakai nama ayah untuk pencantuman Bin dan Binti. Dan jika kedua orang tua berbeda keyakinan dengan sang anak juga tetap menggunakan nama ayah untuk pencantuman Bin dan Binti.


Contohnya Muhammad bin Abdullah dan Ummar bin Khattab sewaktu orang tuanya masih hidup, islam belum ada saat itu. Untuk penamaan Ali bin Abi Thalib, islam sudah ada tapi Abi Thalib gamau masuk islam, sedangkan ibunya Ali sudah wafat sebelum islam masuk, Jadilah Ali memakai nama bapaknya.

Sekian.

Related Posts
Previous
Next Post »